Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Kimia

UNSUR KKNI PROGRAM STUDI
Sikap dan Tata Nilai
  1. Bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian  dunia.
  3. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  4. Menghargai keanekragaman budaya, budaya , pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
  5. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  6. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional.
  7. Mampu untuk mengembangkan diri, dan berkemauan belajar semur hidup serta berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.

 

 

Kemampuan Kerja
  1. Mampu merancang dan melaksanakan proses berdasarkan prinsip teknik kimia (perubahan bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah melalui proses fisika, kimia dan biologi secara aman, ramah lingkungan dan ekonomis) dengan memanfaatkan metode, teknik dan instrumen rekayasa modern.
  2. Mampu merancang experiment dan interpretasi data melalui pelaksanaan sampling dan analisa data berbasis kimia di laboratorium kimia.
  3. Mampu melakukan analisa peluang wirausaha serta merancang kegiataan kewirausahaan berbasis bidang yang berhubungan dengan  teknik kimia.
Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai prinsip-prinsip matematika, fisika, kimia dan biologi untuk dapat berperan sebagai tenaga ahli yang menangani masalah teknik kimia.
  2. Menguasai konsep-konsep fundamental teknik kimia serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan dalam bidang teknik kimia.
Kemampuan Manajerial
  1. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  2. Mampu memahami isu-isu keteknikimiaan yang sedang berkembang serta mampu memberikan pilihan solusi permasalahan dalam bidang teknik kimia dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.